Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Polres Madina Gelar Simulasi SISPAMKOTA Dalam Pengamanan Pilkada 2024.

Kamis, 26 September 2024, 06.08 WIB Last Updated 2024-09-25T23:08:42Z






Madina  | jurnalpost.Net 

 Polres Mandailing Natal (Madina) sukses memperagakan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Madina tahun 2024.

Simulasi Sispamkota tersebut dilakukan di lapangan Multi Fungsi Tantya Sudhirajati Mapolres Madina, Selasa (24/9/2024).

Mulanya, Kapolres Madina AKBP Arie Sofandi Paloh SH SIK memimpin apel. Selanjutnya, dilakukan simulasi Sispamkota dihadapan para tamu undangan, seperti dari Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Kepala OPD Pemkab Madina, para Camat, KPU, Bawaslu, dan tamu undangan lainnya dari Ormas maupun OKP.

Adapun Sispamkota yang diperagakan adalah, trik-trik Polres Madina dalam mengamankan jalannya tahapan Pilkada, mulai dari pengamanan saat kampanye akbar calon bupati dan wakil bupati, pengamanan TPS saat pemungutan suara, perhitungan suara, hingga pengamanan kantor penyelenggara (KPU-Bawaslu).

Dalam peragaan itu, Polres Madina telah menyiapkan tim dari berbagi lini sektor, seperti tim penegakan hukum (Gakkum), tim Patroli, Dalmas, dan tim pengawal pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Masing-masing satuan ini akan berkerja dalam bidangnya selama tahapan Pilkada berlangsung hingga selesai. Alat-alat yang digunakan juga sudah disiapkan, seperti apabila ada sengketa dan selanjutnya dilakukan unjuk rasa, Polres Madina akan bergerak cepat melakukan pengamanan dengan cara humanis.

Pantauan di lapangan Multi Fungsi Tantya Sudhirajati Mapolres, peragaan simulasi Sispamkota berjalan sukses. Para tamu undangan dilihat bangga atas tindakan yang dilakukan Polres Madina apabila terjadi insiden pada Pilkada Madina.

Simulasi Sispamkota berlangsung sekitar 2 jam. Kegiatan lainnya dilanjutkan seperti pemusnahan barang bukti narkoba, dan rapat koordinasi (Rakor) Polres Madina dengan lintas sektoral di aula Pesat Gatra Polres Madina.

Rakor itu membahas seputar persiapan menghadapi Pilkada Madina. 

Kabag Ops Polres Madina, AKBP Muhammad Rusli menjabarkan tentang kesiapan Polres Madina dalam mengamankan tahapan Pilkada. Mulai dari memetakan titik rawan, aman, dan agak rawan.

Kemudian, dilanjutkan oleh Ketua KPU Madina, Muhammad Ikhsan Matondang. Ikhsan menyampaikan kesiapan KPU Madina dalam penyelenggaraan Pemilukada, mulai dari menjalankan apa saja tahapan yang sudah selesai dilakukan hingga pembentukan personel badan adhoc sampai ke tingkat TPS.

Sedangkan Bawaslu Madina yang dihadiri oleh Asrizal juga menyebut seluruh tahapan Pilkada Madina diawasi oleh Bawaslu Madina. Soal personel Bawaslu, pihaknya juga telah standby mengawasi sampai ke tingkat desa dan kelurahan.

(HPM/ Zakaria)
Komentar

Tampilkan

  • Polres Madina Gelar Simulasi SISPAMKOTA Dalam Pengamanan Pilkada 2024.
  • 0

Terkini