Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Hasil Survei SKI Angka Prevalensi Stunting di Madina Alami Penurunan.

Rabu, 18 September 2024, 06.24 WIB Last Updated 2024-09-17T23:24:40Z





Madina  | jurnalpost.net 

Dari hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengalami penurunan angka prevalensi stunting dari 34,2 menjadi 20,7 persen.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Madina Alamulhaq Daulay saat membuka kegiatan pengukuran dan publikasi stunting di aula Ladang Sari, Gunung Tua Panggorengan, Panyabungan, Selasa (17/9/2024).

"Hal ini tentunya tidak lepas dari kerja sama dari berbagai pihak. Diharapkan tahun 2024 Madina mampu memenuhi target nasional dalam penurunan stunting sebesar 14 persen," kata Sekda.

Dikatakan Alamulhaq, pengukuran dan publikasi stunting yang diperoleh melalui aplikasi E-PPGBM merupakan upaya untuk memperoleh data pravelensi stunting terkini pada skala pelayanan Puskesmas, Kecamatan dan Kepala Desa. 

"Publikasi data hasil pengukuran status gizi dilakukan sebagai bentuk informasi pravelensi status gizi dan tinggi badan anak dibawah lima tahun," katanya.

Upaya penurunan stunting di Madina kata Sekda perlu adanya peningkatan intervensi spesifik dan sensitiv dalam bentuk kegiatan peningkatan cakupan layanan posyandu dan imunisasi, penyuluhan keluarga beresiko stunting, pembangunan sarana air dan sanitasi, pendidikan pola asuh serta perubahan perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat.

"Harapannya, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kinerja dan kolaborasi antara pemda, kecamatan dan desa dalam menurunkan angka stunting di Madina," katanya.(KM/ Zakaria)
Komentar

Tampilkan

  • Hasil Survei SKI Angka Prevalensi Stunting di Madina Alami Penurunan.
  • 0

Terkini