Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Forkopimca Siabu Dan Sayur Matinggi Hadiri Mediasi Desa Sihepeng Raya Dengan Somanggal Parmonangan Soal Talang Air Sungai Sibosur.

Sabtu, 07 September 2024, 16.55 WIB Last Updated 2024-09-07T09:56:25Z






Madina | jurnalpost.Net

Forum Komunikasi Pimpinan  Kecamatan Siabu( Forkopimca ) Siabu dan Sayur Matinggi sama sama menghadiri mediasi Desa Sihepeng Raya Dan Desa Somanggal Parmonangan soal talang air Desa Aek Sibosur, Jum'at(6/9).

Hadir dalam acara itu, Mewakili Camat Siabu, Kasubbag Umum dan Kepegawaian, Ahyar Nasution S.Pd, dan Ahmad Khoiron.

Mewakili Kapolsek Siabu, Kanit Intel, Aipda M.T.Rambe dan Brigpol.S.A  Hasibuan, Mewakili Danramil 12 Siabu, Batituud Koramil 12 Siabu, Peltu H.Damanik, didampingi Serda Edward Simanjuntak, Kopka SR.Ritonga, Pratu  Sulthon Pulungan.




Sementara itu, hadir pula Camat Sayur Matinggi, Enri Cofermi Batubara S.Pd.M.Pd, didampingi Sekcam Sayur Matinggi, Ali Amran, beserta jajarannya.

Turut hadir pula, Bhabinkamtibmas, Babinsa , Pengurus Bendungan Sungai Batang Angkola.

Mewakili Kepala Desa  se Sihepeng Raya, diwakili Kades Sihepeng Lima, Solehudin bersama perwakilan warga Desa Sihepeng Raya.

Untuk Desa Somanggal Parmonangan, dihadiri Kadesnya, Sadrak Siregar, didampingi perangkat Desa, Wakil Ketua BPD, Tunggul Pangihutan Hutasoit.





Adapun langkah - langkah yang diambil oleh Forkopimca Sayur Matinggi Dan Siabu antara lain;
1. Meninjau langsung tanggul air Sungai Aek Sibosur yang dibuat oleh warga Desa Somanggal Parmonangan, sekaligus berbicara dengan petani Desa Somanggal.
2 Melihat lahan persawahan warga Desa Sihepeng yang tergenang akibat tanggul  yang ada di Sungai Aek Sibosur.
3.Setelah melihat kedua titik tersebut, Camat Sayur Matinggi memimpin rapat di Kantor Desa Somanggal yang dihadiri perwakilan warga Somanggal, Sihepeng, Bhabinkamtibmas, Babinsa yang ada di kedua Kecamatan, dan turut dihadiri mewakili Camat Siabu, Kades Sihepeng Lima,dan Kades Somanggal bersama jajarannya.

Adapun hasil rapat tersebut:
1. Tanggul Air di Sungai Sibosur dibuka sesuai dengan permintaan warga Sihepeng Raya.
2..Camat Sayur Matinggi meminta kepada Pemkab Tapanuli Selatan berupa alat berat mini, untuk memperlebar Saluran Air  yang ada di Desa Somanggal Parmonangan agar saluran air Batang Angkola dapat mengaliri persawahan warga Desa Somanggal Parmonangan.
3. Petugas Bendungan Sungai Batang Angkola bersedia memasukkan air secara optimal ke Desa Somanggal, sehingga tidak ada keluhan air untuk warga Desa Somanggal.

Rapat mediasi antar kedua berlangsung dengan kondusif, berjalan lancar dan sukses tanpa terjadi gangguan Kamtibmas.

Dalam kesempatan, Kapolsek Siabu, AKP.Jamal Nasution SH, dalam hal diwakili Kanit Intel Polsek Siabu, Aipda.M.T.Rambe dalam  arahannya mengatakan kami dari pihak Kepolisian akan hadir ditengah tengah masyarakat tanpa diundang sekalipun, dan kami hadir disini sebagai  Personil Polri untuk menengahi permasalahan warga Desa Sihepeng dengan Desa Somanggal.

Hal itu diungkapkannya dalam rapat di Kantor Desa Somanggal.

Ia menjelaskan atas nama Kepolisian kami datang kesini untuk bersama sama mencari solusi yang tepat, cepat agar tidak terjadi gesekan antar kedua Desa.

" Mari kita bermusyawarah dengan kepala dingin, dan kedua Desa, saya berharap agar saling mengalah agar kita dapat mencari solusi yang baik," katanya.

Sekira pukul 16.55 Wibi, Tanggul Air di Sungai Sibosur telah dibuka dengan aman dan lancar, tanpa adanya kendala yang berarti.




Ditempat terpisah, Camat Siabu Sudarajat Putra Batubara mengatakan dirinya tidak bisa hadir dalam mediasi kedua Desa yang bertetangga beda Kabupaten.

" Mendengar informasi bahwa permasalahan kedua berjalan dapat diselesaikan dengan baik, atas nama Camat Siabu, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak.

Ia juga mengatakan dirinya minta maaf tidak dapat menghadiri acara itu,berhubung adanya kunjungan Wabup Madina dalam acara Perjusami di Kecamatan Bukit Malintang.( Zakaria)
Komentar

Tampilkan

  • Forkopimca Siabu Dan Sayur Matinggi Hadiri Mediasi Desa Sihepeng Raya Dengan Somanggal Parmonangan Soal Talang Air Sungai Sibosur.
  • 0

Terkini