Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Bawaslu Padang Lawas Gelar Kegiatan Rapat Kordinasi Hasil Penyusunan pengawasan Pemuktahiran Data Pemilih

Senin, 12 Agustus 2024, 14.07 WIB Last Updated 2024-08-12T07:08:11Z




PALAS | jurnalpost.Net

 Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara, melaksanakan Kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) tentang Hasil Penyusunan Laporan Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih untuk penyelenggaraaan Pilkada serentak tahun 2024, yang di Aula Hotel Syamsiah, Jalan Surapati, Lingkungan III Banjar Raja, Sibuhuan, pada Senin (5/8/24). 
Kegiatan ini secara langsung dibuka oleh Komisioner Bawaslu Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas, dan Humas didampingi Komisioner Divisi P3S Berlin Toga Langit Harahap SH, MH, dslan kesempatan tersebut mengungkapkan Pemuhkhiran Data Pemilih merupakan tahapan yang sangat penting yang bertujuan memperbaharui data pemilih  pemilu terakhir dengan mempertimbangkan DP4 yang dilakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Petugas jajaran KPU yakni Pantarlih. 

Hj.Ningtiasih menambahkan, titik-titik kerawanan dalam Penyusunan Daftar Pemilih diantaranya Kerawanan Pembentukan Pantarlih, Kerawanan Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih, Penyusunan Daftar Pemilih (DPS Dan DPT), Penyusunan Daftar Pemilih Pindahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPK), Penyusunan Daftar Pemilih di lintas Lokasi, dan Kerawanan Pasca Penetapan DPT, tegasnya 

Dia mengaku bahwa hak pilih dalam pemilihan kepala daerah adalah hal yang paling mendasar dalam sistem demokrasi. "Pilkada memberikan warga kesempatan untuk menyalurkan hak politik mereka, sehingga penting bagi kita untuk menjaga hak pilih ini," sehingga dalam hal pengawasan terhadap kegiatan colklit ini bertujuan memastikan data pemilih Valid, Mutahir, dan Konperhensif, ungkapnya.

Lanjut Hj.Ningtiasih bahwa pengawasan terhadap penyusunan Daftar Pemilih ini merupakan kerja-kerja pengawas pemilu yang bertujuan mengcroscek kebenaran data pemilih. " kita harus bekerja sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing, namun tetap mengutamakan akurasi dan keberlanjutan hak suara Masyarakat dan ," tambahnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh seluruh anggota Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Padang Lawas dengan mengundang Rahmat Habincaran Daulat yang merupakan Demisioner KPU Periode 2019-2024, Kegiatan Rakor ini mencerminkan komitmen Bawaslu Kanupaten Padang Lawas dalam memastikan integritas dan validitas pemutakhiran data pemilih, serta kolaborasi yang kuat dalam menjaga proses demokrasi yang transparan dan inklusif. (AH2)
Komentar

Tampilkan

  • Bawaslu Padang Lawas Gelar Kegiatan Rapat Kordinasi Hasil Penyusunan pengawasan Pemuktahiran Data Pemilih
  • 0

Terkini