Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

MALAM PENGGELARAN KESENIAN DAN BUDAYA KABUPATEN PALAS PADA PEKAN RAYA SUMATERA UTARA (PRSU) KE 49 TAHUN 2023.

Selasa, 04 Juli 2023, 08.17 WIB Last Updated 2023-07-04T01:18:14Z




PALAS | jurnalpost.net

Plt. Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt. MM. M.Si. MH bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas Arpan Nasution S.Sos, para Asisten Bupati, Pimpinan OPD, Camat Lingkup Lingkungan Kabupaten Padang Lawas serta Mahasiswa, pelajaran Kabupaten Padang Lawas hadiri Acara kesenian daerah pada PRSU ke 49 Tahun 2023 bertempat di Open Stage PRSU Medan, senin (03/07/23).

Plt. Bupati Padang Lawas dalam arahannya menyampaikan kesenian merupakan salah satu unsur dasar dalam kehidupan bermasyarakat yang berperan penting membentuk kepribadian dan pola pikir masyarakat. Seni merupakan hasil ekspresi manusia dan budayanya. Melalui seni, manusia dapat membentuk dan mengembangkan kemampuannya dalam berbudaya. 

Di samping itu, akan menumbuhkan rasa saling menghormati dan saling menjaga budayanya. Seni dalam kehidupan manusia ikut mendidik manusia dan masyarakat menjadi beradab, agar kehidupan manusia menjadi lebih harmonis. Seni menjadikan manusia berbudi luhur. Sejarah telah mencatat akan prestasi- prestasi seni dalam peranannya membentuk sikap budi manusia.

Kemudian melalui tema, "Generasi Muda yang Berbudaya" pada malam pagelaran kesenian pemerintah Kabupaten Padang Lawas. Diharapkan kepada generasi muda agar tidak mudah terbawa arus globalisasi sehingga generasi milenial akan memilki moral dan etika yang baik walaupun berada pada era modernisasi, ujar Plt Bupati.

Pada kesempatan yang baik ini juga Plt. Bupati berpesan kepada kita semua. Pertama, malam pagelaran adalah miniatur kesenian untuk daerah PRSU memperkenalkan seni budaya khas Padang Lawas. Untuk itu mari kita pahami, hayati dan maknai PRSU ini dengan benar untuk menjadi sumber edukasi, inspirasi dan rekreasi khususnya bagi para perantau asal Padang Lawas agar ingat kepada kampung halaman, dan timbul keinginan pulang kampung serta turut memberikan kontribusi yang konstruktif terhadap pembangunan daerah Kabupaten Padang Lawas yang sama-sama kita cintai.

Kedua, melalui pelestarian pariwisata seni dapat dan budaya memperteguh tatanan nilai budaya luhur dan sebagai perisai generasi muda ditengah arus globalisasi saat ini yang mengarah pada budaya asing.

Ketiga, saya yakin masyarakat padang lawas memiliki potensi yang bisa dikembangkan menjadi usaha ekonomi kreatif sehingga dapat secara perlahan-lahan mengubah sifat konsumerisme masyarakat menjadi budaya produktif dengan menjadikan potensi seni budaya menjadi usaha ekonomi kreatif yang akhirnya akan membuka lapangan pekerjaan, tambahnya.


Pada akhir sambutannya, Plt. Bupati meminta juga kepada tokoh-tokoh masyarakat Kabupaten Padang Lawas yang ikut hadir agar bersinergi dalam kegiatan melestarikan seni dan budaya Padang Lawas karena kesadaran untuk terus-menerus mengembangkan dan melestarikan seni dan budaya daerah kita Kabupaten Padang Lawas. Pada hakikatnya bukan hanya tanggungjawab satu pihak, melainkan tanggungjawab bersama, baik seniman, budayawan, masyarakat maupun pemerintah. Hal ini penting untuk menjadikan masyarakat Padang Lawas yang berbudaya dan menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri.

"Kain Selendang Berwarna Jingga;
 Elok di Pakai Putri Bangsawan;
Kita Gali Potensi Melalui Pekan Raya Sumatera Utara;
Untuk Menumbuhkan Cinta Kebudaayaan".



Reporter:ilham syarif
Komentar

Tampilkan

  • MALAM PENGGELARAN KESENIAN DAN BUDAYA KABUPATEN PALAS PADA PEKAN RAYA SUMATERA UTARA (PRSU) KE 49 TAHUN 2023.
  • 0

Terkini