Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

BP2MI BERKUNJUNG KE STIKES KB Kabupaten Humbang Hasundutan DOLOKSANGGUL.

Minggu, 09 Juli 2023, 06.04 WIB Last Updated 2023-07-08T23:04:25Z




Humbahas | jurnalpost.net

Deputi Penempatan dan Perlindungan Kawasan Amerika dan Fasifik-BP2MI Pusat bapak Drs.Lasro Simbolon, MA dan Kasubbag BP2MI Medan bapak Drs.Rudolf Simanjuntak serta rombongan, berkunjung ke kampus STIKES KB Kabupaten Humbang Hasundutan Doloksanggul,Bukit Sipalakki Doloksanggul,Humbahas,Sumutra Utara Kamis,06 Juli 2023.

Rangkaian kunjungan dari BP2MI ini adalah dalam rangka kuliah tamu dan sosialisasi penempatan  dan perlindungan pekerja Migran dalam program G to G.

Dihadapan 100 lebih mahasiswa STIKes KB Doloksanggul kabupaten Humbahas staff dan dosen, Bapak Lasro memaparkan secara detail aspek hukum,tugas dan fungsi BP2MI. 

Pak Lasro juga menegaskan  pentingnya informasi publik dalam masalah Pekerja Migran Indonesia, serta perlunya pelatihan,ketrampilan calon tenaga migran sebelum berangkat sehingga menjadi tenaga profesional dan meminimalkan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

-Hal ini akan merubah stigma di masyarakat bahwa  bahwa pekerja migran itu adalah suatu pekerjaan mulia, ".
-Dengan mengikuti prosedural yang resmi (legal). Negara pasti  hadir memberikan perlindungan menyeluruh."

-PMI sekarang sudah merupakan warga VVIV yang penempatan dan perlindungannya di lindungi oleh Negara", tandas Pak Lasro.

Bapak lasro dalam  juga sambutannya, sangat apresiasi dan bangga atas prestasi kampus STIKes KB Doloksanggul,dalam mencetak alumni siap goes international di daerah,walaupun akses jalan ke kampus yang belum memadai.

Sementara itu kasubbang tata usaha  UPT BP2MI wilayah Sumut. Bapak Rudolf H Simanjuntak memaparkan prosedural,mekanisme pendaftaran melalui siskop2mi, biaya biaya pendaftaran, serta referenasi untuk lulus.

Pak Rudol,juga menambahkan,bahwa "UPT BP2MI wil sumut asalah perpanjangan tangan didaerah, dan selalu akan memberikan pelayanan terbaik kepada calon PMI," 
tegas pak Rudolf.

BP2MI sebagai badan pemerintah setingkat kementrian adalah badan resmi pemerintah dalam menangani pekerja migran indonesia ke luar negeri.


Salah satu program yang di handle oleh BP2MI dalam pengiriman pekerja migran adalah program G to G (Government to Governmen)
 yaitu program G to G Jepang,G to G Jerman ,G to G Korea Selatan.

STIKes Kesehatan Baru Doloksanggul, sejak tahun 2017, sudah memberangkatkan alumni nya ke Jepang melalui program G to G Jepang. 
Dan tahun ini sedang proses mempersiapkan alumni ke Jerman. Untuk G to G Korea Selatan, belum dibuka kran tenaga medis,walaupun banyak alumni yang berminat kerja di Korea.

Ketua Yayasan STIKes KB Doloksanggul Bapak Dr.Pantas H Silaban,MBA menyampaikan  apresiasi dan berterima kasih kepada tamu spesial BP2MI pusat dan daerah, dan sangat mendukung visi misi BP2MI dalam membantu PMI. Bapak pantas juga menyampaikan akan mempersiapkan mahasiswa dan tenaga profesional untuk menundukung program BP2MI ini. Dan menyampaikan permohonan untuk MOU ke BP2MI dalam waktu dekat.

Pekerja Migran Indonesia (PMI) adalah Pejuang Kesehateraan Keluarga,
Pejuang Devisa Negara.
Pekerja Migran Indonesia adalah penyumbang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terbesar kedua setelah MIGAS (170 triliun-2022) 
Dari ratusan ribu PMI di luar negeri mereka talah menyumbang 159,6 triliun (2022) untuk  negara. 

PMI adalah Pahlawan Negara.

Kamis,06 Juli 2023


#ayomigranjepang
#ayomigranjerman
#ayomigran
#stikeskbdoloksanggul
#stikeskesehatanbarudoloksanggul
#bp2mi
#bp2mipusat
#bp2mimedan
#sikatsindikat
#fighttosavepmi

(J Purba)
Komentar

Tampilkan

  • BP2MI BERKUNJUNG KE STIKES KB Kabupaten Humbang Hasundutan DOLOKSANGGUL.
  • 0

Terkini