Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Bupati Madina Lantik Dua Desa Bersinar Relawan Anti Narkoba.

Senin, 26 Juni 2023, 19.46 WIB Last Updated 2023-06-26T12:46:21Z



Madina  | jurnalpost.net

Bupati Mandailing Natal (Madina) HM Jafar Sukhairi Nasution melantik relawan anti narkoba pada peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di Aula Hotel Payaloting, Kecamatan Panyabungan, Madina, Sumut, Senin (26/6/2023). Relawan yang dilantik dari Desa Sipogu Kecamatan Batang Natal dan Desa Rao-Rao Dolok Kecamatan Tambangan.

Dua desa tersebut dicanangkan menjadi Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba) oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Madina.

Sukhairi dalam sambutannya meminta dengan tegas seluruh lapisan masyarakat untuk solid dan kuat memerangi narkoba di Bumi Gordang Sambilan.

Peringatan HANI 2023 yang mengusung tema internasional : “People first: stop stigma and discrimination, strengthen prevention”, sedangkan tema nasional HANI adalah : “Akselerasi War On Drugs Menuju Indonesia Bersinar” kata Sukhairi sebagai momentum pengingat dan kepedulian terhadap penyalahgunaan narkoba.

"Bicara tentang narkoba sudah tidak asing bagi kita, narkoba sudah mengerogoti segala aspek. Bukan hanya di Indonesia," kata Sukhairi.

Sukhairi mengatakan pemerintah terus mendukung BNN dan Polri untuk memberantas narkoba. Sukhairi juga telah tes urine tanpa pemberitahuan kepada jajaran OPD beberapa waktu yang lalu.

"Pemkab Madina secara tiba-tiba mengadakan tes urin, usai melakukan apel dan seluruhnya pimpinan opd di tes. Bahkan saya dan ibu wakil pun dites," kata Sukhairi.

Untuk masalah narkotika, kata Sukhairi, dirinya tidak akan memberikan kompromi dan negosiasi. Menurutnya, pengguna narkotika adalah kriminal.

"Saya degdegan waktu itu, takut ada jajaran yang mengkonsumsi (narkoba) dan kalau ada itu memalukan, dan alhamdulillah gak ada," kata Sukhairi. 

Kepala BNNK Madina, AKBP Eddy Mashuri Nasution mengatakan program desa bersinar mencanangkan dua desa pertahun. Desa bersinar kata Eddy merupakan upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba di tingkat desa yang dikelola secara mandiri oleh pemerintah desa. 
 

Di dalamnya, kata Eddy, banyak program mulai pencegahan, rehabilitasi, hingga memberikan keterampilan dasar hidup bekerjasama dengan Dharma Wanita memberi kemampuan dan pengetahuan bagi penyalahguna narkoba agar berdaya.

Eddy mengatakan tahun 2023 di P-APBD akan dibangun sel sementara dua ruangan. "Tahun depen insya allah klinik pratama tahap kedua," kata Eddy.(Zakaria)
Komentar

Tampilkan

  • Bupati Madina Lantik Dua Desa Bersinar Relawan Anti Narkoba.
  • 0

Terkini